Monday, December 22, 2008

Select a particular market sector, and assess the past, current and future customer use of the internet as a medium to select and buy product...

The Use of Internet as Customer Media

Internet marketing, also referred to as web marketing, online marketing, or eMarketing, is the marketing of products or services over the Internet.

The Internet has brought many unique benefits to marketing, one of which being lower costs for the distribution of information and media to a global audience. The interactive nature of Internet marketing, both in terms of providing instant response and eliciting responses, is a unique quality of the medium. Internet marketing is sometimes considered to have a broader scope because it refers to digital media such as the Internet, e-mail, and wireless media; however, Internet marketing also includes management of digital customer data and electronic customer relationship management (ECRM) systems.

Internet marketing ties together creative and technical aspects of the Internet, including design, development, advertising, and sales. Internet marketing does not simply entail building or promoting a website, nor does it mean placing a banner ad on another website. Effective Internet marketing requires a comprehensive strategy that synergizes a given company's business model and sales goals with its website function and appearance, focusing on its target market through proper choice of advertising type, media, and design.

source: Wikipedia


Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai penggunaan Internet sebagai media yang digunakan oleh pelanggan dalam industri toko buku.

Seperti kita ketahui, bahwa pada masa yang lampau, setiap pelanggan yang ingin membeli buku haruslah mendatangi toko-toko buku konvensional, katakanlah Gramedia atau Gunung Agung untuk Indonesia, atau Times atau Borders di Singapore, dsb.

Sering sekali pilihan yang dimiliki juga terbatas pada buku-buku yang diimport secara resmi oleh toko buku tersebut, ataupun pada buku-buku yang diterjemahkan oleh penerbit mereka.

Tidak jarang, pelanggan tidak dapat memperoleh buku yang mereka inginkan karena stok yang terbatas. Cara lain untuk mengetahui stok di toko atau cabang lainnya, hanyalah lewat telepon atau bahkan mendatangi sendiri.


Seperti sama-sama kita ketahui, bahwa pada saat ini, toko-toko buku tersebut sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berkembangnya toko buku online, memacu toko-toko buku konvensional untuk membuka media jualan melalui internet juga.

Walau di awal sangat sulit memperoleh kepercayaan di pelanggan yang masih sangat tabu dan takut dengan metode pembelian di Internet, lambat laun industri ini menjadi sangat berkembang dan diminati oleh pasar.

Saat ini, kita dapat mencari buku apa saja yang kita inginkan dari belahan dunia manapun. Saat inilah kita benar-benar merasakan bahwa di World is Flat.

Bukan itu saja, internet juga memungkinkan kita untuk melakukan penjualan atas koleksi yang kita miliki, dan juga melakukan barter dengan pelanggan lainnya.


Menurut saya, di masa yang akan datang, Industri seperti ini akan semakin berkembang, mengingat waktu orang untuk mengunjungi toko buku sudah semakin sedikit. Dan dilain pihak, biasanya toko buku online menyediakan buku dengan harga yang lebih kompetitif.

Bukan saja bisa membeli buku, namun nantinya pengunjung akan dimudahkan dengan product comparison atau substitute suggestion.

Bisa saja pada saat kita search suatu judul buku, dia memberikan pilihan buku lain yang sejenis atau bahkan lebih baik. Atau mungkin saja, ketika kita masukkan kriteria isi yang kita inginkan, dan akan keluar hasil buku apa yang seharusnya kita beli.

Jadi saya lebih melihat, di masa yang akan datang, akan berkembang fitur-fitur yang memudahkan pelanggan dalam memilih dan membeli buku.


No comments: