Tuesday, December 2, 2008

E-Commerce for Toyota Business Process

PT. Toyota-Astra Motor (PT. TAM) didirikan di Jakarta pada tahun 1971 oleh James Suliman dari PT. Gaya Motor, William Surjadjaja dari PT. Astra International, Inc., dan Zenichi Koyama dari Toyota Motor Co. & Toyota Motor Sales Jepang, dengan authorized capital sebesar Rp. 806,7 juta dan paid-in capital sebesar Rp. 80,7 juta.

Sejak tahun tersebut, Astra menjadi agen tunggal untuk mobil produksi Toyota di Indonesia. Dari 1987 hingga 2003, PT. TAM menjadi leader dalam manufaktur, assembly, dan juga marketing dan sales. Namun, beberapa saat setelahnya, Astra memilih untuk lebih berfokus kepada area marketing dan distribution saja. Maka, PT. TAM dibagi menjadi 2 perusahaan, PT. TAM memiliki fokus pada marketing dan penjualan, sementara PT. TMMIN berkonsentrasi kepada proses manufaktur.

PT. TAM memiliki jaringan network yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejauh ini, sudah sekitar 190 outlet yang dimiliki oleh Main Dealer Toyota di negara ini. Sejalan dengan hal tersebut, jumlah pelanggan juga bergerak naik setiap tahunnya.
Keinginan pelanggan semakin beragam pada saat ini. Adalah kewajiban dari setiap produsen untuk berusaha memenuhi keinginan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Salah satu kebutuhan pelanggan adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan, khususnya mengenai produk dan proses bisnis Toyota.

Oleh karena itu, PT. TAM membuka jalur yang seluas-luasnya bagi pelanggan yang ingin menyampaikan inquiry (pertanyaan) mereka. Jendela dibuka baik melalui Toyota Call Centre, Website, M-Toyota (via HP), dan sebagainya. Melalui wadah diatas, Toyota mengharapkan pelanggan dapat menemukan jawaban atas pertanyaan yang mereka sampaikan.

Dimasa depan, alangkah baiknya apabila PT. TAM lebih mengembangkan penggunaan e-Commerce pada proses bisnisnya. Langkah ini untuk menciptakan competitive advantages bagi perusahaan agar tetap dapat bertahan menjadi market leader dan market pioneer.

Salah satu aplikasi lain yang sebaiknya diterapkan dimasa yang akan datang adalah:

1. Purchasing by net
Kesibukan pelanggan pada saat ini terkadang menghambat rencana mereka untuk mengunjungi dealer resmi Toyota. Seiring juga dengan kebiasaan membeli melalui internet yang sudah berlangsung di masyarakat saat ini, sebaiknya PT. TAM menyediakan saluran khusus pada website, dimana nantinya pelanggan dapat melakukan order kendaraan dan pembayaran melalui internet saja, tanpa harus hadir ke outlet yang ada.

2. Tracking system
Memungkinkan pelanggan untuk mengetahui dimana posisi kendaraan yang telah mereka pesan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk mendapatkan kendaraan mereka. Program ini dapat dijalankan melalui internet ataupun HP.

No comments: